THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Welcome to my Blog

welcome

Selasa, 19 Oktober 2010

Tips Merawat Batere Laptop

Hemp.. tanpa kita sadari perubahan zaman yang menuntun kita lebih pada media elektronik seperti laptop. namun banyak diantara kita yang kurang bahkan tidak merawat laptopnya. Padahal harga laptop tergolong mahal (bagi pelajar hehhe).. Yang paling sensitif dan seringnya terjadi keluhan adalah batere dan LCD Laptop.
Berikut adalah tips-tips merawat batere laptop :

Laptop diciptakan bagi orang-orang yang aktivitasnya sangat padat dan memerlukan komputer ke manapun dia pergi. Kepraktisan laptop yang dapat dibawa ke mana saja dan dipakai kapan saja merupakan hal yang sangat diperlukan oleh mereka.

Apalagi jika berada di daerah yang sulit untuk mendapatkan listrik, laptop yang sudah terdapat batere di dalamnya sebagai sumber daya, tentu sangat membantu. Tetapi bagaimana jadinya jika berada dalam waktu yang lama dengan kondisi yang tidak ada aliran listrik di sekitar kita?

Baterai laptop yang dapat bertahan lama tentu akan sangat dibutuhkan. Agar dapat terus bertahan dalam waktu lama, baterai laptop perlu mendapat perawatan khusus agar tidak cepat rusak. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar baterai laptop tetap dalam kondisi baik dan mampu bertahan dalam waktu lama.

Pergunakan Baterai Atau Charger yang Sesuai

Jangan pernah menggunakan baterai atau charger yang tidak sesuai dengan laptop yang Anda pergunakan. Jika ingin membeli baterai atau charger, lebih baik Anda membeli di layanan resmi dari produsen laptop yang dimiliki.

Pergunakan Laptop Sesuai Aturan

Pergunakan laptop sesuai dengan aturan yang ada di buku petunjuk dan pastikan sirkulasi udara berjalan bagus. Jangan sekali-kali memakai laptop dengan cara memangku ataupun meletakkannya di atas barang lembut atau empuk yang akan mengganggu sirkulasi udara, misalnya di atas bantal atau kasur. Hal ini bisa mengakibatkan laptop cepat panas dan tentu saja akan berpengaruh juga dengan umur baterai laptop Anda.

Posisikan Baterai Dengan Benar

Jika dudukan baterai longgar, jangan sekali-kali mengganjal baterai tersebut dengan benda yang terbuat dari logam seperti uang koin, penjepit kertas, atau benda-benda lain yang terbuat dari kertas. Selain itu jangan letakkan baterai dengan cara menumpuknya dengan benda-benda lain di atasnya. Hal ini akan mengakibatkan kerusakan bagian di dalam baterai.

Simpan Baterai di Tempat yang Kering

Dalam merawat baterai laptop, simpanlah di tempat yang berada dalam suhu kamar. Jangan meletakkan baterai di atas benda yang kemungkinan akan berubah menjadi panas, semisal di atas mesin ataupun di atas kompor. Selain itu hindarkan penyimpanan di bawah sinar matahari langsung. Juga jangan meletakkan baterai di tempat yang basah karena akan mengakibatkan korslet.

Melepas Baterai Jika Bekerja Dalam Waktu Lama

Jika Anda bekerja dalam waktu yang lama, lepaslah baterai laptop dan pakailah sumber listrik sebagai sumber daya laptop. Jika Anda ingin menyimpan laptop dalam jangka waktu yang lama, lepaslah baterai laptop dan simpanlah di tempat kering.

Saat akan dipergunakan lagi, isilah baterai sampai penuh terlebih dahulu baru kemudian digunakan. Hal ini akan mengaktifkan kembali sel-sel yang berada di dalam baterai.

Selain melakukan tips-tips perawatan baterai.Jika ingin baterai Anda bertahan lama saat pemakaian, jangan terlalu banyak menjalankan software, redupkan layar laptop, dan settinglah konfigurasi laptop agar bisa bertahan paling lama.

Semoga dengan beberapa tips merawat baterai laptop ini bisa membantu membuat baterai laptop Anda bertahan lama.

Tidak ada komentar:

My Votoo

My Votoo
kha-laff-purple

xi-aksel

xi-aksel
penyengat island

aksel-batig ria

aksel-batig ria

kebersamaan kkak-adik

kebersamaan kkak-adik
my sist & me

semasa SMP

kenangan SMP with S7G

kenangan SMP with S7G
s7g

girls in loouve